Lompat ke isi utama

Berita

Apel Siaga Pengawasan Kampanye Digelar Panwascam Dapil 6 Kabupaten Magelang

Ri

 

MAGELANG- Tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 tinggal menghitung hari. Tepatnya tanggal 25 September 2024 akan dimulai tahapan kampanye sampai tanggal 24 November 2024.

Untuk memastikan kesiapan tahapan pengawasan kampanye, jajaran Panwascam di Dapil 6 Kabupaten Magelang lakukan apel kesiapan. Kegiatan apel tersebut digelar di Halaman Allabun Resto Hargobinangun Sleman Yogyakarta.

"Kegiatan ini diikuti jajaran Panwascam dari 5 Kecamatan, yakni Ngluwar, Salam, Srumbung, Dukun dan Muntilan," kata Ariyanto Ketua Panwascam Dukun.

Ia menjelaskan, untuk pesertanya yakni 3 komisioner Panwascam, Seluruh Pengawas Desa atau Kelurahan , dan jajaran sekertariatan Panwascam. "Mereka semua ikut serta dalam apel kesiapan pengawasan tersebut," jelasnya.

Berlaku sebagai Pembina Apel adalah Faizatul Umayah, yang juga selaku Ketua Komisioner Panwascam Muntilan.  

Dalam sambutannya, Faizatul menegaskan kesiapan jajaran Pengawas dalam tahapan persiapan pengawasan kampanye. "Selain itu meningkatan dan menekankan soal integritas, netralitas dan mematuhi peraturan yang berlaku," paparnya.

Selain itu, deklarasi atau ikrar dibacakan oleh Heris Ketua Panwascam Ngluwar dan diikuti oleh seluruh peserta apel pengawas sedapil 6.

Isinya yakni pertama menjunjung tinggi netralitas, integritas, profesionalisme dan berpegang pada kode etik penyelenggara pemilihan dalam pengawasan tahapan kampanye pemilihan 2024 dengan penuh tanggung jawab;

Kedua Menegakkan kepastian hukum demi terwujudnya pemilu demokratis sesuai asas luber jurdil;

Ketiga Menjalankan dengan sungguh-sungguh pencegahan dan penindakan kampanye, pengawasan, pelanggaran tahapan;

Keempat Menciptakan kondisi pemilu damai di wilayah Dapil 6 Kabupaten Magelang tanpa hoax, isu sara dan ujaran kebencian;

Dan kelima Mendorong keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu partisipatif. (Panwascam)