Cegah Penyebaran Covid-19, Bawaslu Tunda Sejumlah Kegiatan

Bawaslu menunda sejumlah kegiatan tatap muka yang melibatkan sejumlah massa berkumpul di satu tempat. Kegiatan tatap muka itu seperti rapat koordinasi nasional (rakornas), bimbingan teknis (bimtek), diskusi kelompok terpumpun (FGD), dan beberapa acara lainnya baik yang mengundang Bawaslu provinsi dan kabupaten kota atau pihak eksternal.

Penundaan sejumlah kegiatan itu sebagai salah satu upaya Bawaslu dalam mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19. "Penundaan sejumlah kegiatan sebagai upaya Bawaslu untuk mencegah penyebaran Virus Corona," kata Abhan di Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin 14 Jakarta Pusat, Selasa (17/3/2020).

Pencegahan penyebaran Covid-19 lainnya yang dilakukan

Bawaslu juga turut melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan kerja dari rumah (work from home). Kebijakan tersebut dimulai mulai Selasa, 17 Maret 2020. Hal itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) tentang penyesuaian sistem kerja aparatur sipil negara dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah atau tempat tinggalnya.

Meski demikian, dalam Surat Edaran (SE) tentang Penyesuaian Sistem Kerja dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Bawaslu, Abhan memastikan tugas dan fungsi Bawaslu mulai pusat hingga daerah tidak terganggu.

"Ketua dan Anggota Bawaslu, Sekretaris Jenderal, Kepala Biro dan Kepala Bagian tetap melaksanakan tugas di kantor untuk memastikan penyelenggara pengawasan, pelayanan kepada masyarakat (pelaporan dugaan pelanggaran pemilihan) tidak terhambat," kata Abhan dalam SE terkait Penyesuaian Sistem Kerja dalam Upaya Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Bawaslu.

Lalu, staf Bawaslu akan diberikan jadwal piket kantor. "Staf yang tidak mendapatkan jadwal piket dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja di rumah (work from home)," jelasnya.

Perlu diketahui pada 11 Maret 2020 World Health Organization (WHO) telah mengumumkan COVID-19 sebagai pandemik global. Presiden Jokowi pun melalui keterangannya meminta masyarakat bekerja dan berkegiatan dari rumah guna mengurangi penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan itu.

Sumber : https://www.bawaslu.go.id/id/berita/cegah-penyebaran-covid-19-bawaslu-tunda-sejumlah-kegiatan

Berita Terkait